Khasiat Kayu Apu Untuk Menyerap Logam Berat

Saturday, May 06, 2017

Tulisan reportasi ini saya tulis ketika salah satu adik angkatan sedang berada di Dubai. Dia tengah presentasi penelitiannya pada ajang konferensi internasional. Berikut adalah tulisan tersebut yang berisi informasi kegitan dia. Tulisan juga di muat di Tribun Jogja online.

Mahasiswa UNY Presentasikan Khasiat Kayu Apu di Dubai

MENJADI mahasiswa adalah sebuah kebanggaan tersendiri dan anugerah luar biasa hebatnya. Disisi lain terpikulah sebuah amanat besar di pundak para mahsiswa sebagai agen perubahan untuk negeri ini. 

Tulisan yang dimuat di Tribun Jogja. 2012
Seorang mahasiswa yang telah memberikan kontribusi adalah Pebri Nurhayati dan Sapta Abimanyu. Mahasiswa Pendidikan Geografi dan Pendidikan Bahasa Inggris UNY ini, telah berhasil membawa nama baik UNY dan bangsa Indonesia di tingkat internasional, konferensi internasional International Conference on Environtmental Engineering and Applicatons (ICEEA) 2012 yang digelat Asia-Paisific Biologycal, Chemical & Environment Engineering Society (APBCEES) di Dubai, United Arab Emirates, 4-5 Agustus.

Mereka berdua mendapatkan dukungan berupa pembiayaan transportasi dari UNY, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendaral Pendidijan Tinggi, serta penerbangan Garuda Indonesia guna menghadiri konferensi tersebut. 

Dalam ajang Konferensi Internasional ICEEA 2012 (International Conference on Environtmental Engineering and Applicatons) di Dubai itu diikuti lebih dari 20 negara dan 300 peserta yang berasal baik dari kalangan Sharjah-Dubai. Konferensi internasional ini merupakan tahun ketiga dan sebelumnya pernah diadakan di Shanghai, China.

Dalam konferensi tersebut, Pebri dan Abi mempresentasikan papernya yang berjudul Water Lettuce (Pistiastratiotes, Linn) Potency as One of Eco-friendly Phytoextraction Absorbers of Zinc Heavy Metal to Solve Industrial Waste Problem in Indonesia mendapatkan penghargaan di tingkat Internasional. 

"Kayu apu merupakan kayu yang mudah sekali dijumpai di Indonesia, khasiat kayu ini mampu menyerap logam berat seng hasil limbah industri berbahaya bagi kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Kayu apu ini tak perlu mengeluarkan biaya banyak dan sangat ramah lingkungan" papar Pebri, Senin (6/8/2012). [*]

Penulis:
Ahmad Syaiful Hidayat
Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY
Editor: Hanan Wiyoko

Sumber dimuat: 
Tribun Jogja - Kamis, 9 Agustus 2012 11:58 WIB

http://jogja.tribunnews.com/2012/08/09/mahasiswa-uny-presentasikan-khasiat-kayu-apu-di-dubai

0 comments:

Post a Comment

 
Ipung Berjuang © 2011-2017 | Designed by Interline Cruises | Template Modified by Ahmad Syaiful Hidayat,