Buku “Merah”, Terbit

Wednesday, April 09, 2014

Dimuat di Koran Kedaulatan Rakyat, Kolom Swara Kampus. Selasa, 7 Januari 2014. Hlm. 13







CENDEKIAWAN MUDA FIS UNY, TERBITKAN BUKU "MERAH"

Berawal dari keperihatinan kian luntur dan menurunnya minat tradisi mahasiswa “membaca, berdiskusi, dan menulis”, dan khususnya bidang kepenulisan, mendorong para mahasiswa yang bernanung dalam Departemen Media dan Jaringan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (BEM FIS UNY) 2013 untuk menyelenggarakan sayembara menulis esai kreatif mahasiswa se-DIY dengan tema besar “Cendekiawan Muda Indonesia”. Sayembara tersebut dimulai sejak tanggal 1 September dan berakhir hingga 31 Oktober 2013 lalu. Tujuannya jelas, yakni memberi kesempatan luas kepada para cendekiawan muda (mahasiswa) dalam menuangkan ide, cerita, gagasan, dan kritik melalui tulisan berkualitas yang kemudian dikemas dalam sebuah buku yang berjudul “Merah: Goresan Cendekiawan Muda Untuk Indonesia”.

Buku setebal 130 halaman karya mahasiswa ini terdapat 16 tulisan yang diurai dan dibagi menjadi 3 Bab utama. Tulisan-tulisan tersebut berasal dari karya para peserta esai dan mahasiswa FIS UNY yang telah diseleksi dan dipilih untuk dimuat dalam buku ini. Adapun dalam Bab I, sebanyak 9 tulisan dalam buku ini membahas tentang “Kepemimpinan dan Kearifan Lokal”. Pada Bab II, terdapat sebanyak 5 tulisan yang membahas tentang “Membumikan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, dan pada Bab III, terdapat 2 tulisan yang membahas tentang pengalaman mahasiswa “Kisah Inspiratif”.

Menurut Ahmad Syaiful Hidayat Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY, salah satu penulis dalam buku ini yang sekaligus juga pernah menjadi kepala Departemen Media dan Jaringan BEM FIS UNY 2012, mengungkapkan bahwa buku ini adalah buku yang dirasakan cukup menarik karena telah melengkapi pembahasan dalam buku sebelumnya berjudul “Lentera Pemikiran Mahasiswa” yang diterbitkan tahun 2012 lalu.

“Jika buku sebelumnya berfokus pada pembahasan kritik terhadap tradisi mahasiswa ‘Membaca, Berdiskusi, dan Menulis’, maka dalam buku ini disempurnakan dengan tataran pembahasan kritik ‘aksi nyata’ mahasiswa yang berupa implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi ‘Pendididkan, Penelitian, dan Pengabdian’ “, paparnya lebih lanjut.

Buku yang resmi launching perdana pada tanggal 6 Desember 2013 di Ruang Kihajar Dewantara FIS UNY tersebut juga mendapatkan sambutan positif dari Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M. Ag. Adapun dalam kata pengantarnya (Prolog), beliau mengatakan bahwa buku ini adalah salah satu cara para cendekiawan muda memberikan sumbangannya dengan menungkan dan menuliskan gagasan-gagasan kritis mereka terhadap situasi yang dialami dan menyelimuti bangsa ini. “Akhirnya, atas nama pimpinan fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, menyampaikan selamat dan penghargaan serta kebanggan yang tinggi kepada para cendekiawan muda fakultas ilmu sosial yang telah mencurahkan gagasannya dalam buku ini untuk didedikasikan kepada khalayak” tandasnya. [ipung]

Ahmad Syaiful Hidayat
Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY

0 comments:

Post a Comment

 
Ipung Berjuang © 2011-2017 | Designed by Interline Cruises | Template Modified by Ahmad Syaiful Hidayat,