Pengertian Keamanan Jaringan: Tujuan dan Jenisnya

Pengertian Keamanan Jaringan: Tujuan dan Jenisnya
Pengertian Keamanan Jaringan: Tujuan dan Jenisnya  - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang keamanan jaringan. Apakah Anda sudah tahu pengertian, tujuan, dan jenis-jenisnya?. Jika belum Anda tepat datang diblog ini, karena disini saya akan menjelaskan materi tersebut.

Pengertian Keamanan Jaringan
Keamanan Jaringan adalah proses untuk mencegah & mengidentifikasi user yang tidak sah (salah) dari suatu komputer. Maksudnya yaitu penyusup yang mencoba untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer tersebut.

Tujuan Keamanan Jaringan
Tujuan dari keamanan jaringan adalah untuk menghindari resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik. Maksudnya ancaman fisik ialah seorang penjahat yang berniat untuk merusak bagian fisik komputer. Sedangkan ancaman logik ialah ancaman yang berupa pencurian data atau pembobolan terhadap data seseorang.

Baca Juga: Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Keamanan Jaringan
Adapun jenis-jenis dari keamanan jaringan sebagai berikut.

1.Autentikasi
Autentikasi merupakan proses pengenalan peralatan, system operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terkoneksi dengan jaringan komputer dengan cara user memasukan email dan sandi pada saat login ke jaringan.

Tahapan Autentikasi :
  • Autentikasi untuk melihat lokasi melalui data network layer dan link layer.
  • Autentikasi untuk melihat metode yang sedang berjalan yang terjadi pada presentation layer dan session.
  • Autentikasi untuk mengenal aplikasi dan user yang dipakai (application layer).
2.Enskripsi
Enskripsi merupakan teknik mengoding data yang berfungsi untuk menjaga data atau file. Enkripsi diperlukan untuk menjaga kerahasiaan data sistem.

3.Virtual Private Network (VPN)
Virtual private network atau disebut dengan VPN merupakan koneksi  jaringan komunikasi lokal yang terkoneksi melalui media jaringan. Fungsi untuk mendapatkan komunikasi yang aman (private) melalui internet.

Kriteria yang harus dipenuhi VPN:
  1. User Authentication, VPN harus mampu mengklarifikasi data pengguna. VPN mampu mencache aktivitas klien meliputi masalah waktu, kapan, dimana, dan berapa lama seorang pengguna mengakses jaringan serta jenis resourse yang di aksesnya.
  2. Address Managenement, VPN harus dapat memberikan address klien pada internet dan memastikan alamat tersebut tetap private (pribadi/rahasia).
  3. Data Encryption, data yang melewati jaringan harus dibuat agar tidak dapat di baca oleh pihak-pihak yang tidak bertangungjawab.
  4. Key Management, harus mampu memperbaharui dan membuat encryption key untuk server dan klien.
  5. Multiprotocol Support, harus mampu mengatasi berbagai macam protokol dalam jaringan publik seperti IP dan IPX.


Kesimpulan
Jadi Keamanan Jaringan adalah proses untuk mencegah & mengidentifikasi user yang tidak sah (salah) dari suatu komputer. Bertujuan untuk menghindari resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik.Itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian Keamanan Jaringan : Tujuan dan Jenisnya. Apabila ada pertanyaan Anda bisa berkomentar dibawah ini. Terima kasih, selamat membaca dan belajar. [IPUNG.NET]

Baca juga: Angkringan Lik Man Jogja - Lokasi, Fasilitas, Harga & Jam Buka

.

ORDER VIA CHAT

Product : Pengertian Keamanan Jaringan: Tujuan dan Jenisnya

Price :

https://ipungberjuang.blogspot.com/2020/04/pengertian-keamanan-jaringan-tujuan-dan-jenisnya.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Discussion