Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Wednesday, December 28, 2016

Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Bencana kian intens melanda negeri ini datang silih berganti. Kondisi ini menandakan bumi tidak lagi berada pada keseimbangannya. Kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab memperparah keadaan tersebut. Penurunan kualitas maupun kuantitas lingkungan dapat menyebabkan daya  fungsi pendukung kehidupan makhluk hidup di dalamnya menjadi tidak keruan. Oleh sebab itulah, turut serta menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama, khususnya manusia. Berdasarkan permasalahan tersebut, Ahmad Syaiful Hidayat, S. Pd selaku guru IPS-Geografi terpadu mengajak siswa-siswi SMP Islam Prestasi bantul untuk aktif peduli lingkungan, (12/11).

Menjaga kelestarian lingkungan merupakan salah satu pokok pembahasan dalam materi pelajaran IPS terpadu kelas VII semester 1. Materi ini mengajarkan siswa mengenali dan memahami hakikat lingkungan untuk keselarasan kehidupan yang harmonis, sehingga para siswa dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan saat ini dan nanti. Guna mendukung pembelajaran tersebut, salah satu upaya yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan penugasan membuat poster bertemakan lingkungan. Para siswa diajak mengeksplor kepekaannya terhadap permasalahan lingkungan dan kemudian menuangkannya ke dalam karya seni berupa poster yang menarik dan menyenangkan.
Poster hasil karya para siswa sangat beragam dan bervariasi sesuai dengan daya imajinasi serta kreatifitas masing-masing. Hal terpenting dari kegiatan ini adalah bagaimana para siswa dapat menyampaikan isi dari hasil karya tersebut. Pasalnya, esensi dari pembelajaran ini, siswa dapat mengenali permasalahan lingkungan yang ada dan kemudian memberikan solusi terhadap masalah tersebut, serta hasil akhirnya siswa dapat mengajak orang lain untuk aktif peduli lingkungan.

“Lindungi Bumi Kita” adalah tulisan poster hasil karya Nailul Ngizzah. Dalam presentasenya, Izzah menyampaiakn bahwa hasil karyanya ini ingin mengajak kepada seluruh manusia agar menjaga dan merawat Bumi kita satu-satunya ini. “Banyak kerusakan yang telah terjadi, sehingga kita harus melindunginya” paparnya. Permasalahan ini juga didukung hasil karya dari Arini dengan tagline posternya “Kotaku Cantik Tanpa Sampah Plastik”.

Lebih lanjut, Arini didepan teman-temannya memaparkan bahwa permasalahan bumi kita, khususnya masyarakat yang bertempat tinggal di kota selalu identik dengan masalah sampah. Setiap kali pergi ke kota, pemandangan yang sering kali dijumpai adalah sampah bertebaran dimana-mana. Permasalahan yang lebih kompleks adalah sampah plastik. Sampah jenis ini susah terurai dengan tanah. Pengelolaan sampah yang kurang memadai dapat memicu permasalahan yang lebih serius, seperti aktivitas masyarakat yang membuat sampah sembarangan di sungai memicu tersumbatnya sistem aliran air sungai, sehingga mengakibatkan mudahnya terjadi banjir ketika musim penghujan. “Oleh karena itulah, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik adalah beberapa hal kecil yang dapat dilakukan sebagai kontribusi peduli terhadap lingkungan kita” paparnya.

Terkait dengan aktivitas membuang sampah, permasalahan tersbeut juga menjadi salah satu topik yang diangkat Maratul Latifah dengan tulisan posternya berbunyi, “Anak Solehah buang sampah pada tempatnya”.

Setelah mempresentasikan hasil karya posternya masing-masing, siswa-siswi juga berdiskusi dan saling tanya jawab. Adapun kegiatan yang dilakukan para siswa tersebut dapat dipetik banyak manfaatnya, diantaranya adalah siswa dapat meningkatkan kepekaan terhadap situasi dan kondisi lingkungan yang ada; siswa dapat melatih kreatifitasnya melalui seni gambar/lukis; serta siswa dapat berlatih sebagai pelopor muda yang peduli lingkungan, dan lain sebagainya.

Penulis:
Ahmad Syaiful Hidayat, S. Pd
Alumnus Geografi UNY / Guru SMP Islam Prestasi Bantul


0 comments:

Post a Comment

 
Ipung Berjuang © 2011-2017 | Designed by Interline Cruises | Template Modified by Ahmad Syaiful Hidayat,