Peace Camp YPCI 2013

Sunday, May 05, 2013



Pada tanggal 3-5 Mei 2013 yang lalu, Young Peacemaker Community Indonesia (YPCI) di bawah naungan ICRS Yogyakarta (Indonesian Consortium for Religious Studies), yang didukung oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Peace Generation mengadakan kegiatan Central Java Student Interfaith Peace Camp 2013 di Wisma Kinasih Kaliurang Yogyakarta dengan tema “Building Peace Generation Throught Young Peacemaker”.

Ahmad Syaiful Hidayat, Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY merupakan salah satu peserta yang lolos seleksi dan mengikuti peace camp bersama 29 mahasiswa lainnya yang diantaranya besasal dari beberapa perguruan tinggi di DIY Jateng, yakni UNY, UIN SUKA, UKDW, UGM, IAIN Walisongo, Undip, USD, UNS, UNNES.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan hubungan antar umat beragama dalam konteks keberagaman agama, menyikapi penggunaan agama dalam kekerasan, menginternalisasikan nilai-nilai perdamaian, memahami dan mampu menjadi pembawa perdamaian, dan menanamkan komitmen untuk mempraktekkan dan menyebarkan nilai-nilai perdamaian.

Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan peace camp diantaranya membahas tentang mengenal & menerima diri, mengatasi prasangka, keberbedaan (suku, agama, ekonomi, gender), ekslusivisme kelompok & indahnya keberagaman, interfaith dialogue - mengenal islam & kristen, menyelesaikan konflik, tanpa kekerasan, ngobrol bersama alissa wahid “religious dan toleran”, meminta & memberi maaf, dan terkahir adalah outbond. [*]

sumber: FIS UNY

0 comments:

Post a Comment

 
Ipung Berjuang © 2011-2017 | Designed by Interline Cruises | Template Modified by Ahmad Syaiful Hidayat,