Jambore Remaja Hebat

Pemuda merupakan generasi emas penerus bangsa. Kemajuan suatu bangsa di masa mendatang sangat tergantung dari bagaimana kondisi pemudanya saat ini. Pepatah mengatakan bahwa, “apabila pemuda suatu negara rusak, maka rusaknya negara tersebut. Dan apabila pemudanya baik, maka baiklah negaranya”. Oleh karena itu, nilai-nilai moral yang berkarakter sangat penting ditanamkan kepada generasi muda saat ini, khususnya para remaja.
Trend di era modernitas serta globalisasi saat ini, bagi sebagian besar para remaja sering disalahgunakan. Banyak diantaranya terjerumus ke dalam hal-hal negatif yang merusak dirinya sendiri dan masa depannya . Contoh hal yang memilukan diantaranya, seringnya terjadi tawuran antar remaja, penyalahgunaan obat-obat terlarang (NARKOBA), serta budaya pergaulan bebas dikalangan para remaja, dan tentunya masih banyak aktivitas negatif lainnya yang kian meresahkan.
Realitas yang terjadi pada remaja tersebut menggerakkan beberapa kalangan untuk turun tangan membenahinya. Salah satu diantaranya adalah Puskesmas Bantul dan sejumlah perangkat pemerintah daerah Kecamatan Bantul mengadakan kegiatan positif untuk para remaja, yaitu, “Jambore Remaja Hebat”, di kompleks wilayah Jembatan Gantung Imogiri, Bantul pada hari Sabtu, (11/11).
Pembukaan Jambore yang diselenggarakan ini dihadiri pula oleh Kepala Puskesman Kecamatan Bantul, Kepala Polsek Bantul, Camat Bantul, Kepala Desa, dan masih banyak lainnya. Sedangkan peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh para remaja delegasi dari SMP-SMA se Kecamatan Bantul DIY. Adapun setiap sekolah mengirimkan perwakilannya sebanyak 6 siswa dan 1 guru pendamping. Salah satu sekolah yang mengikuti kegiatan jambore ini adalah SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul. Siswa-siswi yang mengikuti jambore diwakili oleh Rosyad, Pebi, Dewi, Muna, Jaelani, dan Istiani. Sedangkan guru pendampingnya diwakili oleh Ibu Lina Ulfa, S. Pd.
Kegiatan yang diselenggakan dalam kegiatan Jambore Remaja Sehat adalah berupa outbond. Sebelum kegiatan dimulai para peserta dikenalkan dengan senam “Dance For Life” . Outbond dalam kegiatan Jambore Remaja Hebat tahun ini merupakan salah satu upaya yang mudah dan praktis untuk menanamkan nilai-nilai moral berkarakter kepada para siswa. Harapannya, agar para siswa tidak jenuh dan bosan.
Kegiatan Jambore Remaja Hebat ini pada dasarnya merupakan penyuluhan kepada para remaja, khususnya siswa-siswi SMP-SMA tentang remaja sehat. Penyuluhan yang diberikan diantaranya terkait dengan materi bahaya penyalahgunaan Narkoba, Pergaulan bebas, dan pernikahan dini.
Menurut Rosyad, siswa SMP Islam Prestasi yang menjadi salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-teman lainnya. “Jambore Remaja Hebat dapat menambah pengetahuan kepada kita tentang bahaya narkoba, pergaulan bebas, dan pernikahan dini”, paparnya.
Lebih lanjut Rosyad juga menuturkan bahwa dari kegiatan ini, Ia menjadi termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan harapannya semoga dapat menjadi pemuda harapan bangsa dan negara.
“Semoga kita semuanya sebagai para remaja dapat pintar-pintar dalam memilih pergaulan. Pergaulan yang baik itu bisa membawa kita ke jalan yang baik dan benar, serta dapat menjauhkan duri  dari hal yang buruk. Sesama teman sebaiknya kita tidak boleh saling bermusuhan. Kita harus dapat bermawas diri agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas”, imbuhnya.
Penulis:
Ahmad Syaiful Hidayat, S. Pd
Alumnus Geografi UNY / Guru SMP Islam Prestasi Bantul

ORDER VIA CHAT

Product : Jambore Remaja Hebat

Price :

https://ipungberjuang.blogspot.com/2016/12/jambore-remaja-hebat.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Discussion